Drama menyusui

Apa yang terlintas saat mendengar kata menyusui? Buat saya dahulu sebelum menjadi seorang ibu menyusui itu mudah tinggal kasih payudara sm anak dia nyusu terus kenyang tidur. Udah se simpel itu aja nggak tahu kalau menyusui tidak semudah yg saya kira..

Waktu saya masih menjadi seorang istri dan calon ibu, saya banyak mencari referensi mengenai anak dan perkembangannya termasuk menyusui. Apalagi karena banyak banget denger cerita susah nya menyusui entah karena ibu atau bayi nya. Akhirnya saya ikut kelas menyusui online saat awal TM 3. Disaat itu ilmu yg sangat bermanfaat itu saya sangat optimis bisa saya laksanakan. (Next nanti saya bahas tentang seluk beluk menyusui ya)

pasca melahirkan, saya kecewa karena tidak dilakukan Inisiasi Menyusui Dini atau IMD dengan benar di rumah sakit tempat saya melahirkan. Hanya beberapa detik dan tidak dengan prosedur yang benar sudah menyalahi aturan yg ditetapkan pemerintah. Saya mau marah pun tidak bisa karena banyak hal, yaitu saya baru kontrol di RS tersebut saat hamil menjelang 8 bulan jadi saya tidak bisa menemukan partner yg tepat untuk proses kelahiran anak saya. Pun juga dokter kandungan saya yg baru ini di hari saya melahirkan sedang berada di luar kota..

Alhamdulillah nya saya dan bayi dirawat gabung. Jadi setelah saya sudah diperbolehkan ke ruang rawat pasca pemulihan operasi saya menunggu bayi saya untuk masuk ke ruangan diberi susu. Saya baru benar benar melihat bayi mungil saya kembali saat sudah di ruangan. Yg saya ingat hanya suara tangisnya pecah saat ia keluar dari rahim saat proses saecar berlangsung..

Awal di rumah sakit saya cukup berusaha terus menyusui per 2 jam dgn kondisi pemulihan pasca operasi. Selama 1 bulan saya berusaha menyusui anak saya dengan banyak sekali tekanan yang saya rasakan tanpa didampingi suami 24 jam karena kami mengalami LDM sejak saya memutuskan melahirkan di kota asli saya di sukabumi..

Tekanan yang datang justru dari orang orang terdekat saya yakni ayah saya, tante saya, nenek saya, yg saya harapkan justru akan membantu saya. Beberapa komentar yang saya dengar hampir setiap mereka berkunjung..

  1. “Asi nya keluar ngga?”
  2. “Asi nya banyak nggak?”
  3. “Asi nya kayanya sedikit ya?”
  4. “Kasih susu formula aja. Kasian anaknya lapar”

Sedih nggak sih orang yang sayang kita yg katanya sayang sama anak kita justru malah makin mempojokkan kkita mungkin sekilas buat orang orang pertanyaan itu diangap “biasa aja” atau bahkan “lebay ah gitu aja sakit hati, naper”.

Hellooooo..

Apa yang saya rasakan hanya saya dan ibu ibu yg mengalami hal yang sama yg mengetahui nya. Seharusnya bukan pertanyaan yg dilontarkan melainkan semangat dan bantuan. Karena sekalipun pertanyaan di 1 kalimat sederhana yang dianggap orang lain itu cukup menyakitkan bagi kami para ibu baru..

Saya sangat berterimakasih pada nenek saya dan ibu saya yang selalu menyediakan makanan untuk membantu asi saya. Terutama ibu saya yang selalu bersedia menggendong dan mengasuh anak saya ketika saya sudah kelelahan. Karena ternyata mengurus bayi itu tidak semudah yang saya kira . Sangat menguras tenaga loh..

Setelah hampir satu bulan, anak saya tidak terlihat bertambah berat badan nya. Lahir dengan berat badan 3.09 kg dalam lebih dari 3 minggu hanya naik menuju ke angka 3.3 kg yg seharusnya dalam 1 bulan naik minimal 800 gram ..

Hah ? Segitu doang ga nyampe ? 800 gram doang..

Kalau ada yg komen gitu saya cuma bisa ngelus dada sambil emosi . Karena naik in BB bayi itu ga semudah yg dikira..

Gimana asi saya? Drastis up and down..

Kenapa? Faktor utama nya karena saya stress dengan tekanan yg ada. Belum kadang orang tua saya menyepelekan keinginan saya untuk ASI full, dengan mudah nya menyuruh anak saya minum susu formula..

Padahal saya udah minum kaya sapi gelonggong . Makan banyak karena lapaaaar terus. Bahkan saya sempat pompa agar tetap bisa menyusui dengan baik dan volume yg dihasilkan banyak..

Tapi stress jadi hambatan utama saya. Dan juga karena memang saya mudah stress akibat parenting yg diterapkan orang tua saya pada saya mengakibatkan saya jadi orang yang mudah menyerah dan stress..

Akhirnya saat satu bulan cek ke dokter saya diminta menambahkan susu formula pada anak saya dengan alasan kasian anak saya kurang gizi. Dan saya liat anak saya kurus disitu saya merasa sangat bersalah..

Merasa bersalah karena asi saya tidak cukup membuat tubuhnya terpenuhi kebutuhan nya. Akhirnya saya menyerah, saya memberikan orangtua saya lampu hijau untuk susu formula. Meskipun hingga saat ini usia anak saya 5 bulan saya masih dihantui rasa bersalah karena tidak bisa memberikan asi ekslusif padanya..

Saat ini sebisa mungkin saya betul kan selalu posisi pelekatan nya meskipun tidak bisa. Saya selalu coba untuk menyusui selama yang saya bisa agar anak saya tetap mendapatkan zat zat seperti antibodi yang hanya dihasilkan dari tubuh saya bukan dari susu formula..

Saya harap bagi semua ibu di luar sana. Jangan menjadi saya..

Jangan menyerah dan jangan mudah putus asa.

Sekali kita berhenti berjuang maka semua akan jadi sia sia tak ada hasilnya..

Tinggalkan komentar